You are here

Profil Lulusan

A. Profil Program Studi

Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Sejarah dipersiapkan sebagai tenaga ahli pendidikan sejarah yang memiliki kemampuan menghadapi tantangan dinamika perkembangan masyarakat baik pada masyarakat regional, nasional maupun global, dengan karakteristik mampu mengembangkan ilmu, melaksanakan penelitian, menerapkan dalam pendidikan dan pembelajaran, dan melayani praktek pendidikan sejarah secara profesional. Kualifikasi level 8 (Magister) terdiri atas 3 deskripsi generik yakni sebagai berikut:

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji,
  2. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner, dan
  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

B.    Deskripsi Learning Outcome (Capaian Pembelajaran)
Aspek : Sikap 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap spiritual dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai kehidupan, norma, dan etika akademik.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme, kesadaran sejarah, serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila.
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kepahlawanan, dan jiwa kewirausahaan.
  10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri,  mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.

Aspek : Pengetahuan  

  1. Menguasai teori pedagogi dan andragogi dan konsep pengetahuan dalam bidang pendidikan sejarah.
  2. Menguasai isu-isu mutakhir tentang pengetahuan dalam bidang pendidikan sejarah dan penerapan teori disiplin ilmu lain yang relevan.
  3. Menguasai  isu-isu mutakhir yang menyangkut kebijakan pendidikan nasional dan implementasinya, serta relevansinya dengan pendidikan sejarah.
  4. Menguasai teori dan metodologi sejarah untuk mengkonstruksi dimensi-dimensi sejarah.
  5. Menguasai teori dan metodologi riset dalam bidang pendidikan sejarah baik makro maupun mikro.
  6. Menguasai teori dan metodologi pembelajaran sejarah yang menyangkut desain, pendekatan, model, strategi, metode, dan teknik pembelajaran.
  7. Menguasai prinsip pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran sejarah.
  8. Menguasai teori dan metodologi penilaian dan evaluasi pembelajaran sejarah secara substantif.
  9. Menguasai konsep, strategi, dan metodologi pendidikan karakter yang relevan dengan pendidikan sejarah.
  10. Menguasai prinsip dan proses pengambilan keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.
  11. Menguasai prinsip-prinsip dalam mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.

Aspek : Keterampilan Umum    

  1. Mampu mengembangkan sistem pembelajaran kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler dalam bentuk model pembelajaran yang inovatif, original, dan teruji.
  2. Mampu menemukan berbagai konsep pengetahuan dalam bidang sejarah untuk mengembangkan strategi dan metodologi pembelajaran yang lebih efektif melalui pendekatan inter dan multidisipliner.
  3. Mampu melakukan kajian terhadap kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang pendidikan melalui pendekatan interdisipliner dan multidisipliner.
  4. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui, penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan sejarah.
  5. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik tentang pendidikan sejarah secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
  6. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian pendidikan sejarah.

Aspek : Keterampilan Khusus  

  1. Mengembangkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam bidang Pendidikan Sejarah melalui penelitian ilmiah serta menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis.
  2. Menyusun dan mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan didasarkan pada etika akademik, melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
  3. Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi atau seni berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  4. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian untuk menjamin kesahihan dan menghindarkan plagiasi.
  5. Meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri dan bertanggungjawab.
  6. Mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  7. Mengidentifikasi bidang ilmu pendidikan sejarah yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner.
  8. Mengembangkan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sejarah melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dan kreatif.
  9. Mengembangkan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sejarah secara inter atau multidisipliner bentuk proposal tesis melalui pemikiran secara logis, kritis, sistematis, inovatif dan kreatif.
  10. Mempresentasikan hasil pengembangan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sejarah secara inter atau multidisipliner dalam kegiatan seminar secara logis, kritis, sistematis, inovatif dankreatif.
  11. Melaksanakan penelitian dan menyusun tesisbidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sejarah secara inter atau multidisipliner dalam bentuk ujian tesis dengan mengikuti kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.
  12. Memublikasikan karaya ilmiah hasil penelitian bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sejarah secara inter atau multidisipliner dalam jurnal nasional terakreditasi dengan mengikuti kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.
  13. Memublikasikan  karya ilmiah hasil penelitian bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sejarah secara inter atau multidisipliner dalam forum internasional dengan mengikuti kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.
  14. Mengomunikasikan ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik tentang pendidikan sejarah  kepada masyarakat dalam berbagai media sesuai etika akademik.
  15. Terampil dalam mengambil keputusan yang humanis dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan  kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data tentang pendidikan sejarah.
  16. Terampil dalam mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan dalam bentuk laporan praktik pembelajaran melalui kolaborasi dengan kolega dan sejawat di dalam lembaga.
  17. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil kajian dan penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
     

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id