You are here

Tim Asesor BAN PT Menilai Dua Prodi Baru di PPs UNY

Dalam dua hari (Senin-Selasa, 10-11 Agustus 2015), Program Pascasarjana UNY menerima kedatangan Tim Asesor BAN PT yang melakukan field assessment. Kali ini yang mendapatkan visitasi adalah prodi Pendidikan Sejarah dan Pendidikan Biologi.

Asesor BAN PT yang melakukan penilaian adalah Prof. Dr. Amany B. Lubis, M.A. dari UIN Syarif Hidayatullah dan Dr. Umasih, M.Hum. dari UNJ untuk prodi Pendidikan Sejarah. Sedangkan Pendidikan Biologi dinilai oleh Dr. Agus Dana Permana dari ITB dan Dr. Saefudin, M.Si. dari UPI Bandung.

Pada hari pertama, Tim Asesor disambut oleh Rektor UNY dan jajarannya di ruang RKU UNY. Turut hadir dalam pertemuan tersebut antara lain WR I, WR II, WR III, WR IV, Ka. BAKI, Penjaminan Mutu UNY, Staf Ahli WR I, Kabag Informasi dan tentunya kaprodi yang divisitasi yaitu Prof. Dr. Djukri, MS. dan Dr. Aman, M.Pd.

Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. mengucapkan selamat datang kepada keempat Asesor. Beliau menyampaikan tentang UNY secara garis besar mulai dari visi misi, fakultas, jurusan, prodi yang ada di UNY. Selain itu, beliau juga memaparkan tentang sarana prasarana akademik yang dimiliki. Semakin lama animo mahasiswa yang akan belajar di UNY mengalami peningkatan. Untuk itu perlu diimbangi dengan pengembangan sarana prasarana seperti gedung perkuliahan, laboratorium dan lain-lain.

“Tahun depan akan dimulai pembangunan gedung Pascasarjana setinggi 8 lantai dan Digital Library atas dukungan dana dari IDB. Hal ini mendesak segera direalisasikan untuk mendukung perkuliahan mahasiswa PPs yang semakin lama semakin membludak jumlahnya, “tutur beliau.

“Sebagai kampus yang on Move to World Class University, UNY selalu membuka diri untuk mahasiswa asing. Untuk jenjang Pascasarjana mahasiswa asing dikelola oleh kelas KNB (Kemitraan Negara Berkembang) yang mendapatkan beasiswa dari DIKTI. Khusus prodi Pend. Sejarah terdapat satu mahasiswa asing dari Myanmar, “lanjut beliau.

Selanjutnya bertempat di ruang ujian 315, prodi Pend. Biologi mendisplay dokumen akademiknya. Pada awal verifikasi, tim asesor (Dr. Agus Dana Permana dan Dr. Saefudin, M.Si.) mulai mencermati isi borang institusi (Buku III B). Isi borang yang telah dikirim ke BAN PT disesuaikan dengan kondisi di lapangan yang diperkuat dengan bukti fisik yang telah disiapkan. Verifikasi standar 1 s.d. 7 dapat dihadapi dengan lancar oleh Direktur, Asdir, dan Penjaminan Mutu.

Selanjutnya pencermatan borang program studi (Buku III A), tim asesor ditanggapi oleh kaprodi PBio, Prof. Dr. Dukri, MS. didampingi oleh beberapa dosen pengajar prodi. Proses pencermatan diawali dengan paparan dari kaprodi yang menyampaikan mulai dari visi misi, tujuan, kompetensi lulusan, kurikulum, hingga kegiatan penelitian serta PPM.

Pada kesempatan yang lain asesor juga berbincang dan mendengarkan testimoni dari mahasiswa PBio. Karena merupakan prodi baru tentunya belum memiliki lulusan namun cukup banyak jumlah mahasiswanya (terdapat dua kelas). Mahasiswa diminta menyampaikan masalah berkaitan dengan suasana kegiatan perkuliahan, kurikulum, dan sarana prasarana akademik yang disediakan PPs UNY. Kedua asesor cukup mendapatkan informasi untuk melengkapi format penilaian.

Di tempat yang lain di ruang 202, Dr. Aman, M.Pd. menghadapi pertanyaan dan verifikasi borang dari kedua asesor (Prof. Dr. Amany B. Lubis, M.A. dan Dr. Umasih, M.Hum.). Dengan penuh percaya diri penilaian setiap poin dapat ditanggapi oleh kaprodi dan para dosen Pend. Sejarah. Sama seperti dengan prodi PBio, asesor juga mendengarkan testimoni yang disampaikan oleh mahasiswa.

Secara khusus tim asesor sangat berkesan dengan Ye Lin Swe, mahasiswa dari Myanmar yang mampu menanggapi setiap pertanyaan. “Belum lama tinggal di Indonesia, namun telah fasih berbahasa Indonesia, “ungkap Prof. Amany.

Pada hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan hasil visitasi. Setelah dirasa cukup, maka visitasi secara resmi selesai. Kedua asesor dilepas oleh Direktur, Asdir, Kaprodi, dan

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id